Minggu, 23 Februari 2014

Bila para Superhero Tokusatsu di buat Film berkwalitas ala Hollywood


Bagaimana bila kamen Kider, Super Sentai, Ultraman, Zaborgar dan Metal Hero dibuat film serius dengan mepertimbangkan aspek realistis  ala Hollywood seperti transformer, ironman atau pacific Rim?
Tokusatsu (special effect) mempunyai pengertian film/serial buatan jepang bertema action, Science fiction, Fantasy, horror atau mytologi yang menggunakan special effect dalam pembuatannya seperti daikaiju (monster raksasa), kaijin (mutant), Giant Robot atau Super hero.
Genre Tokusatsu yang paling popular adalah Super hero (japan Super hero) seperti : Kamen Rider, Super Sentai, Ultraman, Zaborgar , Metal Hero ataupun Chouseishin.
sama seperti komik Amerika ataupun  Manga, super hero jepang ini biasanya diperuntukkan bagi imajinasi anak-anak.

Salah satu strategi sebuah cerita fiksi (Komik, manga, serial TV atau Anime) bertema superhero dapat diterima oleh semua kalangan, adalah dibuat versi film, hal itulah yang dilakukan oleh para sineas Hollywood ketika mengadaptasi komik bertema superhero seperti Ironman, Transformers ataupun Batman menjadi sebuah Film yang berkwalitas sehingga orang-orang dewasa pun dapat menerimanya.
Demikian pula dengan anime/manga yang diadaptasi menjadi film live action buatan jepang, yang akhir-akhir ini sudah mencoba memberikan sentuhan realistis ala film Hollywood seperti Rorouni kenshin (2012), wild 7 (2011) ataupun gatchaman (2013),  Bahkan anime/manga sudah mulai dilirik oleh sineas Hollywood untuk di adaptasi menjadi film live action berkualitas seperti, Bleach, Deathnote, Akira, battle angle alita dan Ghost in the shell.

Bagaimana dengan nasib Super hero tokusatsu?
Super hero jepang versi movie pun sudah sering dibuat, Bahkan beberapa Film Super hero tokusatsu dibuat dengan pendalaman cerita yang lebih kompleks dan rumit bahkan dibumbui dengan unsur drama.
namun hal tersebut tidak di barengi dengan kesan realistis dan pendekatan ilmiah,  baik pada kostum, gaya henshin (merubah diri) maupun konsep ceritanya sehingga bagi pandangan masyarakat awam tetap saja super hero tokusatsu hanya untuk anak-anak.
Bahkan Serial superhero jepang ini hampir tidak pernah di lirik oleh sineas Hollywood untuk diadaptasi menjadi sebuah film berkwalitas,
Mungkin hanya adaptasi Super sentai yaitu Power Ranger (juga merupakan adaptasi serialnya) yang dibuat versi Filmnya, namun tetap saja tidak ubahnya seperti serialnya yang diperuntukkan bagi anak-anak (bukan untuk jenis film serius berkwalitas)
 berita gembira nya saat ini, Power Ranger akan dibuat ulang versi Filmnya oleh Hollywood, semoga saja bisa dibuat dengan lebih serius seperti Transformers ataupun Pacific Rim, we will see.

Mungkin hanya  film tokusatsu yang bukan dari dunia superhero yaitu Godzilla sajalah yang telah diadaptasi ke film hollywood berkwalitas, Godzila masih dapat di terima di kalangan hollywood karena konsep ceritanya yang lebih dewasa.


Apa yang membuat Superhero Tokusatsu sulit untuk di adaptasi menjadi film berkwalitas?
Hal paling mendasar mengapa Super Hero  tokusatsu tidak pernah dijadikan film berkualitas adalah karena memang super hero tokusatsu diperuntukkan hanya bagi anak-anak maupun para pecintanya yang tidak terlalu mempermasalahkan segi kwalitasnya, baik  itu pada special effectnya, desain kostum maupun jalan ceritanya. pemasarannya pun  sangat terbatas hanya untuk para penggemarnya sehingga tidak perlu mempertimbangkan kualitas cerita dan special effect yang digunakan dan budget yang besar dalam pembuatannya.

Bagaimanakah bila Super hero Tokusatsu dijadikan film berkwalitas ala hollywood?
Bagaimana bila  Ultraman, Kamen Rider, Super Sentai ataupun Metal hero  dibuat filmnya yang lebih serius dengan sentuhan realistic dan pendekatan sains sekelas film Hollywood seperti transformers, Pacific Rim, GI Joe ataupun Iron Man?
Atau mungkin diadaptasi menjadi film berkwalitas versi Hollywood?
Kayaknya masih mustahil.

Sebenarnya bagi sineas Hollywood, there is no imposible to make a movie, Budget bukanlah Kendala buat mereka, Spesial effect yang canggih adalah hal yang biasa, yang jadi masalah adalah, apakah film tersebut bisa laku?
Para superhero Jepangpun sebenarnya sudah sangat populer di Dunia, hal tersebut sebenarnya bisa menjadi pertimbangan bila film ini di adaptasi ke layar lebar.

untuk mengadaptasi Super hero jepang ini kedalam film live action yang berkualitas, tak perlulah menggunakan para sineas Hollywood. Mungkin perlu belajar dari Film adaptasi Anime/jepang “ Rurouni kenshin (2012)” yang bisa dibilang adalah contoh sempurna sebuah adaptasi live action anime/manga.


How to make a great tokusatsu Movie? Maybe we just need to think like Crhistoper Nolan or Michael bay. cobalah anda bayangkan bila om Nolan dan paman Michael bay yang  menggarap film-film superhero tokusatsu tersebut, what will they do?

Ada beberapa factor yang menjadi pertimbangan bila tokusatsu di jadikan film berkwalitas
a.       Konsep Cerita
Berbicara tentang konsep cerita sangat berkaitan dengan asal mula para super hero serta sumber kekuatan yang di peroleh., Konsep cerita hampir semua tokusatsu tidak berbeda jauh dari konsep cerita Komik amerika atau anime/manga. Seperti  Alien, sains fiksi, supranatural, Cyborg, metafisika, mytologi, teknologi masa depan, mistis dan lain-lain.
Namun hampir semua super hero tokusatsu tidak mempunyai pertimbangan dari sisi realistis maupun pendekatan ilmiah, bahkan terkesan nyeleneh.
contohnya :
Kamen rider
Semua Kamen Rider era Showa maupun heisei mempunyai sumber kekuatan yang berbeda-beda, ada yang bersumber dari Cyborg, setengah alien, mutant, artefak kuno, dimensi lain, mahluk supranatural dan banyak lagi.
tiap seri ada yang terikat dan ada yang berdiri sendiri
Namun pada beberapa versi filmnya menggabungkan beberapa kamen rider bahkan seluruhnya dalam satu Film, sehingga konsep ceritanya pun terlihat  rancu dan nyeleneh dan dipaksakan.
Bagaimana  membuat konsep Kamen Rider terlihat lebih masuk akal?
Mungkin konsep yang digunakan adalah sumber kekuatan mereka berasal dari suatu artefak kuno  yang berasal dari luar angkasa (mungkin dari kingstone milik Kamen rider Black) yang mempunyai kekuatan merubah bentuk suatu benda (seperti all sparks di transformers), sehingga semua kekuatan para kamen rider besumber dari benda yang sama namun dengan implementasi yang berbeda seperti experiment, radiasi ataupun  mutasi.
konsep seperti ini juga diterapkan di komik marvel seperti penggunaan benda angkasa adamantium pada wolverine, perisainya Captain Amerika, lengan robot Dr. octopus dan beberapa tokoh komik marver lainnya sehingga secara tidak langsung para tokoh komik marvel saling terkoneksi. 
Super Sentai
Dari semua tokusatsu, super sentailah yang menurut saya paling tidak masuk akal dan nyeleneh. konsepnya bercerita tentang sekelompok pasukan berjumlah 3, 5 atau lebih orang yang dapat berubah, serta memiliki kendaraan raksasa yang dapat di satukan menjadi robot, berkelahi melawan monster yang bila mati menjadi raksasa besar seukuran gedung bertingkat. Sumber kekuatan para super sentainyapun tak terdefinisikan dengan logis, ada yang dari luar angkasa, teknologi manusia atau dari kekuatan magis.Bila di buat film super sentai yang  terlihat lebih masuk akal, mungkin cukup dibuat 1 konsep cerita (seperti pacific Rim) yaitu Para super sentai adalah merupakan sekelompok pasukan yang  direkrut oleh sebuah organisasi rahasia yang bekerja sama dengan mahluk luar angkasa untuk menjaga perdamaian dunia (seperti konsep Man in Black), Karena menggunakan teknologi alien maka mereka mempunyai peralatan yang super canggih, kostum yang mereka gunakan menggunakan tekhnologi teleportasi (seperti star trek), dan robot mechanya adalah robot dengan teknologi  alien (seperti transformers)
Untuk beberapa super hero tokusatsu yang lain seperti ultraman ataupun metal hero, konsepnya cukuplah masuk akal, ultraman adalah mahluk luar angkasa yang sebelumnya pernah datang kebumi dan kembali lagi ke bumi untuk melawan kejahatan (mirip konsep film transformers), sedang untuk metal hero adalah pasukan khusus dengan kostum baja serbaguna yang bertugas menjaga perdamaian dunia, ada yang berasal dari luar angkasa (seperti konsep film guardian of the galaxy) dan ada juga yangbersumber dari teknologi (seperti konsep iron man dan robocop)

b.      Kostum dan robot
Semua Kostum para tokusatsu terlihat  konyol kekanak-kanakan, super sentai dengan kostum bak pesenam aerobic dengan aksesoris helm, ultraman dengan pakaian yang lebih mirip pakaian para penyelam, bahkan para kamen rider era sekarang yang tak ubahnya seperti mainan anak-anak.
Tidak ada Evolusi kostum yang menjadikan superhero jepang bisa terlihat lebih dewasa, beberapa serial superhero tokusatsu mencoba mengadaptasi serial lama menjadi sebuah film, namun evolusi kostumnya seolah-olah tidak ada perubahan. Berikut beberapa contoh remake serial lama tokusatsu ke versi movie :

Berbeda dengan film keluaran Hollywood yang dari segi kostum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.

Kayaknya para pembuat tokusatsu perlu belajar dari kostum-kostum film Hollywood yang sudah ada yang terlihat lebih keren dan realistic
Berbagai macam desain kostum sebenarnya bisa menjadi referefsi untuk mengevolusi kostum para super hero tokusatsu, seperti ilustrasi gambar dibawah ini yang di ambil dari kostum film-film Hollywood.

Bahkan bentuk mainan SIC pun lebih terlihat realalistik di banding versi aslinya, seperti para kamen rider berikut , beberapa pun di buat menyerupai aliensehingga memberi kesan yang lebih realistik.

Untuk Ultraman, agar lebih terlihat realistic, kostum ala pakaian selamnya pun perlu dirubah, contoh yang diambil di adaptasi dari kostum di serial  serial manganya:
Hal yang sama juga pada Design Robot mecha dan kendaraan tempurnya yang terlihat ketinggalan jaman. Robot-robot di Super sentai tidak ubahnya seperti mainan anak-anak yang terbuat dari karton dan dilapisi oleh cat warna-warni.
Coba bandingkan perbedaan antara robot mecha tokusatsu  dengan  robot versi amerika
Bahkan mainan transformer (arcee V.01) yang berbentuk Robot lebih terlihat realistic disbanding Zaborgar, seharusnya ketika membuat remake movienya, konsep robotnya bisa seperti ini.

c.       Henshin
Hensin atau cara bertransformasi, Salah satu ciri khas dari tokusatsu adalah transformasi diri, seolah-olah hal tersebut menjadi kewajiban bagi semua tokoh superhero tokusatsu yang berkostum. Ultraman, kamen rider, metal hero, super sentai, Apapun jenisnya baik itu manusia, monster, cyborg, alien, robot, iblis, mutant  pasti punya cri khas ketika menggunakan kostum mereka. Dengan menggunakan berbagai formasi, menekan tombol lalu mengatakan sesuatu dan jeng..jeng……! jadilah mereka pahlawan super.



Hal tersebut bagi anak-anak terlihatlah sangat keren, tapi bagaimana dengan pemikiran orang dewasa, mungkin akan timbul pertanyaan, dari mana datangnya kostum mereka? Teknologi apa yang mereka gunakan? Untuk bertransformasi kok lama amat ya?
Mungkin hanya kamen rider era heisei saja yang punya gaya transformasi yang mengikuti perkembangan zaman tetapi  masih terlihat aneh karena tetap menggunakan pose dan aktivasinya terasa aneh karena  menggunakan kartu, HP bahkan USB.

bila di adaptasi ke jenis film yang lebih serius, mungkin unsur ini akan dihilangkan ataupun disesuaikan dengan jenis mahluknya dan mungkin dengan  pendekatan sains.

Seperti contoh film beberapa film Hollywood di bawah ini :





Berita Gembira
saat ini  Lionsgate (studio di balik film Twilight, Divergent & Hunger Games) akan membuat ulang salah satu Tokoh Tokusatasu (yang sudah di adaptasi ke versi Amerika) yaitu Power Ranger menjadi sebuah film live action, namun apakah film tersebut tetap dibuat dengan gaya anak-anak atau dibuat lebih serius seperti Film Transformer ataupun Pasific Rim, kita tuggu saja.
semoga saja adaptasi power rangger ini bisa menjadi pionir bagi teciptaca film tokusatsu yang lebih berkwalitas.

2 komentar:

  1. gan itu yang bagian (b)kostum dan robot, nama film yang di bintangin sama superhero dibawah ultraman dyna siapa ya? tolong jawab...

    BalasHapus