Sabtu, 08 Februari 2014

Anime/manga yang pantas dibuat film Live action Versi Hollywood

Berdasarkan artikel saya sebelumnya:
Tentang Mengapa anime/manga sangat sulit di adaptasi ke film live action versi holywood, berikut akan saya ulas anime/manga yang pantas dibuat film live action Versi  Hollywood.

Untuk mewujudkan anime/manga diadaptasi ke film live action versi Hollywood sekelas Transformers, Avenger atau G.I Joe bukanlah tidak mungkin, karena sebernarnya film-film Hollywood tersebutpun dari segi cerita bisa dibilang biasa-biasa saja.  tapi dikemas dengan sangat menarik,  terutama penggunaan special effect yang detail, serta budget yang besar. Sama halnya dengan anime/manga, Yang di perlukan adalah  bagaimana  mengemas cerita original dari manga/anime dengan pertimbangan faktor realistik  tiap-tiap unsurnya sehingga bisa diterima baik dari penggemarnya maupun kalangan Hollywood.


Berikut list anime/manga yang menurut saya layak untuk di buat film Live action dengan sentuhan Hollywood, dengan acuan/pembanding film produksi Hollywood dilihat dari sisi konsep, jenis film, kemiripan cerita ataupun unsur-unsur dan karakter yang terdapat didalamnya.

1.       Dragonball Z  VS  Avenger


Film ini sudah dibuat sebelumnya, namun Menurut saya film ini layak dibuat ulang karena film terakhirnya (dragonball evolution) jauh dari ekspektasi semua fansnya,
sebagai acuan dan pembanding adalah film  avenger. mengapa Avenger?
Karena di film avenger sudah menyatukan kisah Alien, mythology/dewa, science fiction dalam satu film.
Bandingkan dengan dragonball, di kisah si son goku ini justru lebih banyak elment yang ada, Goku adalah alien, si pikoro adalah dewa, trunk bisa datang dari masa depan, android adalah manusia buatan dan uron/oolong adalah manusia berwujud babi, teknologi menciutkan dan memperbesar benda,  bahkan dinosaurusnyapun ada seperti di jurrasik park.
Untuk review  lengkapnya lihat di artikel ini…….!

2.       Saint saiya VS Thor


Mungkin ini adalah salah satu anime yang saya impikan bisa dibuat versi live actionnya,
Saint Saiya di dasari pada cerita kisah mitology yunani, menceritakan tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint" dan memiliki kekuatan berdasar pada pelindung tubuh (armor) yang disebut "Cloth", yang berasal dari rasi bintang masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus yang disebut "Cosmo". Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi dari Dewi Athena (Dewi perang dan kebijakan).
saat ini film tersebut tengah dibuat versi the movie-nya hanya saja dengan format animasi 3d.
Sebagai acuannya kita bisa membandingkannya dengan film Thor dengan kisah mythology asgard, bila diperhatikan, bentuk kostum yang digunakan oleh para kesatria asrgard mirip kostum saint seiya.

3.       Inuyasa VS 47 ronin


Inuyasa menceritakan tentang seorang siswa SMU bernama Higurashi Kagome Yang terjebak di masa Sengoku dan bertemu seorang Siluman rubah bernama inuyasha, kisah Inuyasha penuh dengan cerita mistis dan supranatural.
Sebenarnya konsep cerita seperti Inuyasha sudah sering dibuat di holliwood, yaitu tentang hal-hal yang berbau mistis / supranaturln dengan kekuatan sihir/magic, seperti Lord of the ring ataupun harry potter.
sebagai pembandingnya adalah film 47 Ronin yang di bintangi oleh Keanu reaves menceritakan tentang samurai yang melawan kekuatan-kekuatan jahat yang bersifat mistis.

4.       Naruto VS 47 ronin


Naruto adalah ninja yang di rasuki oleh siluman rubah yang melakukan petualangan bersama teman-temannya. Seperti halnya Inuyasha, banyak  hal-hal yang bersifat supranatural dalam ceritanya, pembandingnyapun masih dengan 47 Ronin.

5.       One piece VS Pirates of the caribbean


adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.
Ceritanya hampir mirip dengan  pirates of the Caribbeannya jhonny depp kan? merupakan cerita para bajak laut dengan hal-hal yang berbau mistis.

6.       Gundam VS Pacific Rim


Gundam bercerita tentang sekelompok pasukan robot ukuran besar yang dikemudikan oleh manusia guna menghadapi kekuatan-kekuatan jahat yang ingin menguasai dunia. Gundam terjadi di Dunia masa depan di mana teknologi sudah sangat berkembang, juga sudah adanya koloni luar  angkasa seperti kota koloni di bulan dan kota satelit di luar angkasa.  
Di beberapa film Hollywood mungkin genre seperti ini sudah ada, sebut saja Transformers dan Pacific Rim, namun yang mendekati adalah Pacific Rim, tentang robot yang digerakkan oleh manusia, hanya saja gundam terjadi di masa depan yang canggih.

7.       Pokemon VS  Golden Compass


Pokemon bercerita tentang sebuah permainan untuk mengadu berbagai jenis binatang yang di sebut pokemon, dimana binatang tersebut tersimpan dalam sebuah bola yang disebut Poké Ball dengan cara menciutkan masa jenis massa binatang.
Mungkin ada yang bertanya, gimana caranya pokemon tersebut masuk kedalam bola kecil?, teknologi apa yang di pakai?, jenis apakah pokemon itu?
Bumi versi fiksi yang  menggambarkan dunia dalam keadaan sebenarnya seperti yang kita tinggali saat ini berbeda dengan planet Bumi versi dunia Pokémon, (baik kehidupannya, mahluknya, maupun bentuk geografisnya) sehingga banyak species yang berbeda di dunia pokemon.
Sebagai film pembanding nya adalah the golden Compas, the Golden Compass menceritakan sebuah dunia yang berbeda dengan dunia yang kita huni, di dunia tersebut setiap manusia memiliki jiwa yang terpisah dengan raga dan berjalan berdampingan dalam bentuk binatang yang disebut denga Daemon. Hampir mirip dengan konsep Pokemon dimana manusia bisa memiliki seekor binatang atau lebih sebagai binatang peliharaan dan terjadinya bukan di dunia sebenarnya.

8.       Digimon VS Tron  Legacy


Tema digimon mirip dengan pokemon, bahkan kedua anime ini merupakan rival berat, berbeda dengan pokemon, Digimon bercerita tentang beberaapa anak-anak yang kejatuhan suatu benda asing dari langit yang disebut Digivice yang membawa mereka ke dunia yang disebut Dunia Digital dan bertemu dengan makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital (Digimon).  
Sama hal nya dengan tema cerita dari Tron legacy,  kisah manusia yang masuk ke dunia digital dan terjebak di dalamnya

9.       Doraemon VS CJ7


Doraemon adalah robot dari masa depan yang bisa mengeluarkan benda dengan teknologi canggih dari kantong ajaibnya dan tinggal dengan sahabatnya nobita.
Bila memang pangsa pasarnya untuk hiburan semata buat anak-anak, aspek realistiknya mungkin bisa di abaikan, bayangkan aja gimana kalo si doraemon harus di buat deengan pertimbangan science dan realistis, bagaimana caranya si doaremon menyimpan berbagai macam alat di kantongnya yang sangat kecil, tekhnologi seperti apa yang di pakai? Hanya anak-anak  umur 8 tahun kebawah yang dapat menjawabnya.
Untuk itu film doraemon terlalu sulit untuk dibuat menjadi film serius, tapi bila untuk film untuk segmen anak-anak atau komedi keluarga, mungkin masih dapat diterima, Banyak film Hollywood yang segmentasinya untuk anak-anak dan keluarga yang mengabaikan  atau tanpa penjelasan dengan pendekatan sains, seperti Garfield, Stuart little, cats and dog dan yang lainnya.
Saya mencoba mencari film pembandingnya dari film Hollywood, tapi mungkin  hanya film hongkong CJ7 lah yang mendekati, CJ7 adalah karya sytradara Stephen Chouw yang bercerita tentang mahluk dari luar angkasa yang jatuh dibumi dan  bisa membuat keajaiban dengan kekuatannya, filmnya sangat kocak dan lucu, bila doraemon dibuat dengan gaya seperti CJ7 mungkin akan lebih menarik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar